Cegah Pamdemi Covid-19, Sangadi se-Kecamatan Dumoga Barat Kompak Gelar Patroli Malam

oleh -104 views
All-focus

BiPoin,Bolmong- Guna memutus mata rantai penyebaran pamdemi Covid-19. sejumlah Kepala Desa se-Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar patroli dan pembatasan jam keluar malam bagi masyarakat. Rabu (08/04/2020).

Hal tersebut untuk menindaklanjuti instruksi Presiden RI, Joko Widodo tentang PSBB dan maklumat Kapolri serta surat edaran Pemerintah Kabupaten Bolmong terkait pemberlakuan jam malam. 

Sebagaimana pantauan awakmedia, patroli dilakukan pada sejumlah titik, diantaranya Desa Doloduo Induk, Doloduo Dua, Doloduo Tiga dan Desa Toraut Induk. Yang dipimpin langsung oleh para Sangadi beserta Aparat Desa dan Linmas. 

(Sangadi dan Aparat Desa Doloduo saat melakukan penjagaan) 

Sangadi Doloduo Induk, Bakir Bonde Spd M.Ap mengatakan, pemberlaukan jam malam ini sebagaimana rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Dumoga Barat, terkait pencegahan penyebaran Covid-19. 

“Jadi aktivitas masyarakat mulai dibatasi, mulai dari tempat berkumpul anak muda hingga penutupan semua warung dan tempat makan. Termasuk memeriksa dan menyemprotkan cairan disinfektan ke semua kendaraan yang keluar masuk wilayah Doloduo,” Ujar Bakir. 

(Sangadi Doloduo Dua bersama aparat desa dan Linmas) 

Hal serupa juga dikatakan Sangadi Doloduo Dua, Wawan Bonde. Menurutnya, pembatasan aktivitas masyarakat sangat perlu dilakukan. Selain itu, dirinya juga mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan demi keselamatan bersama. 

“Mulai jam 9  malam, semua aktivitas kita tutup dan Alhamdulillah masyarakat Doloduo Dua juga cukup taat Imbauan yang disampaikan pemerintah desa. Pun jika ada orang baru yang masuk, maka akan kita lakukan pemeriksaan secara intensif, agar tidak terjadi hal-hal yang fatal,” Imbuhnya. 

(Nampak Sangadi Doloduo Tiga dan Aparat Desa saat menjaga pintu masuk perbatasan) 

Sementara itu, Sangadi Doloduo Tiga, Irwan Mamonto juga nampak melakukan pengawasan ketat dengan melakukan penjagaan di pintu perbatasan Doloduo Tiga-Toraut. 

“Saat melakukan patroli, kami menemukan sejumlah anak muda yang tengah asyik berkumpul. Namun, setelah kita berikan Imbauan, mereka langsung membubarkan diri,” Beber Irwan. 

“Kami berharap warga bisa secara sungguh-sungguh melakukan isolasi mandiri, tetap tinggal di rumah dan konsisten melaksanakan social distancing, melakukan jarak sosial dengan menghindari kerumunan, pertemuan publik, dan tidak mendatangi pertemuan dalam kelompok besar, bahkan undangan pesta” Sambungnya. 

(Sangadi Toraut dan Aparat Desa perketat pintu masuk perbatasan) 

Pun giat yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Toraut Induk, dimana patroli dipimpin langsung oleh Masaudin Mokoagow selaku Sangadi Toraut.

Masaudin mengimbau agar masyarakat Desa Toraut dapat menaati anjuran pemerintah tentang sosial distancing serta tetap menjaga pola hidup sehat.

“Dengan dukungan dan peran aktif semua masyarakat, maka penyebaran virus Covid-19 dapat kita cegah. Boleh melaksanakan aktivitas dalam mencari nafkah namun harus tetap menjaga PHBS dilingkungan masyarakat serta tetap ikhtiar dalam menghadapi situasi saat ini,” Tandasnya. 

Redaksi Bipoin