Pemdes Doloduo Dua Cairkan BLT Dana Desa Tahap II Untuk 100 KPM

oleh -100 views

BiPoin, Bolmong Setelah tersalurkannya Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) Tahap I untuk bulan April pada pertengahan Mei lalu, kini Pemerintah Desa Doloduo Dua, melanjutkan penyaluran Tahap II untuk bulan Mei kepada 100 KPM.

Penyaluran yang dilakukan di kantor Desa Doloduo ini dipimpin langsung oleh Sangadi, Wawan Bonde. Serta turut dihadiri Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, dan Pendamping Desa, Fira Mokoagow.

Menurut Wawan, untuk masyarakat Doloduo Dua, hampir tidak ada lagi masyarakat yang tidak terdaftar di penerima bantuan pemerintah pusat maupun daerah, akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kecuali pemerintah desa, ASN dan TNI/Polri yang tidak terdaftar sebagai anggota KPM. Sebab, jumlah KK nya hanya sedikit, sehingga rata-rata masuk di data bantuan yang bersumber dari APBD maupun APBN,” ungkapnya.

Dengan demikian tidak ada lagi warga yang mengeluhkan kebijakan pemerintah desa, karna dari pertama semua telah di data dan tercover.

Wawan mengakui, sebelumnya ada beberapa penerima BLT-Dandes, yang namanya juga keluar sebagai penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Namun pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengganti nama-nama tersebut.

“Alhamdulillah warga juga sangat koperaktif, sehingga mana yang sudah terdaftar di BLT-Dandes, segera kami carikan pengganti untuk menerima BST Kemensos itu. Jadi tidak ada warga yang menerima 2 jenis bantuan pemerintah,” Jelas Wawan.

Sementara itu Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Doloduo Dua. Terutama dalam hal penanganan Covid-19.

“Memang patut di apresiasi, sebab selain menjadi desa pertama dalam penyaluran BLT-Dandes Tahap I kemarin, pemerintah Desa Doloduo Dua juga aktif melakukan kampanye melawan Covid-19 ditengah-tengah masyarakat. Baik itu dari media sosial ataupun secara langsung,” Kata Malpin.

Malpin berharap, warga dapat memanfaatkan dengan baik apa yang diberikan pemerintah.

“Gunakan bantuan ini dengan sebaik mungkin. Kita patut bersyukur, meski ditengah pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah tidak menutup mata dalam kesejahteraan masyarakatnya,” Tukas Malpin.

Sekedar diketahui, kegiatan penyaluran BLT-Dandes tersebut tetap mengedepankan imbauan pemerintah terkait sosial dan pshycal distancing.