Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemdes Doloduo III Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -28 views

BiPoin, Bolmong Guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Doloduo Tiga, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan penyemprotan disinfektan dirumah warga. 

Kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama yang dipimpin langsung oleh Sangadi (Kepala Desa. red) serta turut melibatkan Aparat desa, BPD, LPM dan beberapa relawan yang di ambil dari warga setempat. Senin 13/04/2020. 

(Salah satu petugas saat melakukan penyemprotan dirumah warga) 

Sangadi Doloduo Tiga, Irwan Mamonto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah desa  mencegah penyebaran virus Covid-19. Dengan cara preventif sekaligus mitigasi penyebaran virus di pemukiman penduduk. 

“Tentunya ini ikhtiar kita bersama dalam memutus mata rantai pandemi Corona di tengah-tengah masyarakat,” Ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya juga meminta agar warga Desa Doloduo Tiga taat pada aturan dan anjuran pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus. 

“Pembatasan jam malam sudah dilakukan sebagaimana maklumat Presiden Joko Widodo tentang PSBB dan maklumat Kapolri,” Imbuhnya. 

Pun dikatakan Irwan, selain dirumah warga yang tersebar di Empat dusun, penyemprotan juga di fokuskan kepada setiap kendaraan yang lewat. 

Irwan juga menambahkan, untuk mengantisipasi Covid-19, Pemerintah desa telah menganggarkan Rp. 72 juta yang di ambil dari Dana Desa tahap I. 

“Rinciannya, Rp 22 juta untuk penanganan COVID-19, serta Rp 50 juta untuk bantuan sembako kepada masyarakat apabila masa darurat terus berlanjut. Sebab, Sosial dan Physical Distancing mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat, apalagi masyarakat Doloduo Tiga rata-rata masuk kategori ekonomi menengah kebawah,” Papar Irwan.