Pemkab Bolmong Akan Salurkan Bantuan Pangan untuk Warganya

oleh

BiPoin, Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Sosial dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan pangan bagi warganya kurang mampu yang terdampak secara langsung Covid-19. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinsos, Abdul Haris Bambela.

Menurutnya berdasarkan data yang ada, sebanyak 62 ribu jiwa kurang mampu masyarakat akan menerima bantuan pangan dari Pemkab Bolmong

“Kami sudah mengusulkan 62 ribu jiwa tidak mampu terdampak Covid-19. Jumlah ini berdasarkan data miskin nasional yang ditetapkan berdasarkan SK Kementerian Nasional,” Kata Haris.

Pihaknya pun sudah melakukan perhitungan terhadap kebutuhan setiap bulan selama tiga bulan kedepan, “Kita sudah hitung berapa kebutuhan setiap bulan untuk 62 ribu jiwa ini. kita perlu 15 Miliar setiap bulan atau 45 Miliar per triwulan dimulai dari April, Mey hingga Juli,” Ujarnya.

Adapun bantuan pangan yang diberikan berupa kebutuhan pokok warga “Beras, minyak goreng, susu, mie instan, gula, dan ikan kaleng,” Pungkas Haris.

Sebelumnya Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Rio Lombone mengungkapkan pihaknya sudah melakukan refocusing anggaran dalam APBD tahun 2020 dan dipastikan anggaran sebesar 160 Miliar Rupiah akan digunakan dalam masa Pandemic atau jika permohonan PSBB di setujui,

“Anggaran ini untuk menjamin ketersedian kebutuhan pokok warga kurang mampu selama kondisi pandemic dan jika permohonan PSBB di setujui. Anggaran itu sudah kami hitung sampai bulan Desember,” Terang Rio.