Bupati Bolsel Buka Sosialisasi Produk Hukum Pencegahan Tipikor dalam Pengelolaan Dana Desa

oleh

BiPoin.com Bupati Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt, bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Produk Hukum dalam upaya pencegahan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) dalam penggunaan Dana Desa oleh Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Senin (31/08/2020).

Bupati, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas diselenggarakanya kegiatan sosialisasi produk hukum dan upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam hal ini pengguna dana desa oleh Kejaksaan Negeri Kotamobagu.

“Hal ini tentunya penting guna memberikan pemahaman serta diharapkan dapat menjadi pedoman bagi setiap pemangku kepentingan dalam pemanfaatan dana desa disetiap daerah,” ujar Bupati.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Bupati Iskandar berharap sosialisasi ini menambah wawasan para Sangadi dalam pemanfaatan dan pengelolaan dana desa.

“Harapannya kegiatan ini menambah wawasan para Sangadi dalam pemanfaatan dana desa yang bertanggungjawab, tepat sasaran, serta asas manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Bupati saat membuka kegiatan itu.

Dirinya juga meminta kepada para Sangadi untuk jangan terlalu takut dalam pemanfaatan dana desa itu sendiri, karena menurutnya jika pemanfaatanya dilaksanakan dengan lebih baik serta dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab dengan melibatkan BPD beserta lembaga lembaga kemasyarakatan dan dilakukan secara transparan dan partisipatif, maka akan menjadikan program di desa lebih baik dan mandiri serta sejahtera.

Bupati juga mengingatkan agar setiap indikator dalam pengelolaan dana desa dapat terlaksana dengan baik.

”Saya juga berharap, setiap indikator dalam pengelolaan dana desa dapat terlaksana dengan baik, yakni kemitraan antara pemerintah desa, lembaga desa, serta BPD, karena jika 3 indikator ini bersinergi dan bermitra dengan baik maka bukan tidak mungkin setiap kegiatan yang dibiayai oleh dana desa akan berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti,” tutup Kamaru.

Kegiatan tersebut, juga nampak hadir Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy. S.STP, para Asisten, beberapa pimpinan OPD, Camat dan 16 Sangadi yang tergabung dalam kelompok awal peserta kegiatan tersebut.