188 KPM di Desa Toraut Induk Terima BLT-Dandes

oleh -68 views

BiPoin, Bolmong Kamis (21/05/2020), Pemerintah Desa Toraut, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT-Dandes) tahap I  kepada 188 Keluarga Penerima Manfaat.

Bertempat di balai Desa Toraut, penyaluran dilakukan secara tunai yang dipimpin langsung oleh Sangadi Toraut, Masaudin Mokoagow bersama jajaran perangkat desa serta Babinsa. 

Masaudin mengatakan, sasaran penerima BLT DD tersebut sesuai Permendes, PDT dan Transmigrasi No: 6 tahun 2020, adalah, keluarga yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error) dalam beberapa jenis bantuan yang bersumber dari APBN ataupun APBD, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

“Warga yang berhak menerima adalah sesuai dengan hasil Musyawarah Desa Khusus, tentang penetapan nama-nama penerima yang tertuang dalam Perkades, yaitu sejumlah Rp600.000 untuk setiap kepala keluarga selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020,” Jelasnya. 

Menurutnya ini merupakan upaya Pemerintah Desa dalam mengatasi setiap permasalahan di masyarakat khususnya dari segi ekonomi saat adanya pandemi Covid-19. 

Pun dijelaskannya, menyusul surat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa. Pihaknya menganggarkan sebesar 45 persen anggaran yang bersumber dari dana desa untuk penyaluran BLT. 

“Awalnya kan hanya 30 Persen dari pagu anggaran dana desa, atau sebanyak Rp 338.400.000 untuk BLT selama 3 bulan. Namun karna ada surat PMK yang baru, maka kita kembali mengalokasikan sebesar 15 persen untuk tambahan 3 bulan nanti,” Jelasnya. 

“Jadi selama 6 bulan masyarakat akan menerima BLT-Dandes ini, dimana 3 bulan pertama sebesar Rp 600.000/bulan dan 3 bulan berikutnya yakni Rp 300.000/bulannya,” Lanjutnya. 

Pada kesempatannya, Sangadi dua periode ini berharap agar para penerima BTL  betul-betul memanfaatkan bantuan itu untuk kepentingan mendesak atau untuk memenuhi kebutuhan pokok.