Terlibat Baku Tembak Dengan KKB Papua, Satu Prajurit Yonif 713 ST Gorontalo Gugur

oleh -100 views

BiPoin, Nasional Seorang prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Yonif 713/Satya Tama Gorontalo, dilaporkan tewas tertembak oleh Kelompok Kriminal Sparatis Bersenjata (KKSB) Papua, saat melakukan patroli di wilayah Kabupaten Keerom, Papua, Senin (30/12/2019).

Diketahui, prajurit tersebut adalah Serda Miftachur Rohmat, yang menjabat sebagai Wakil Komandan Pos (Wadanpos) Bewan Baru, dari Satgas Yonif 713 Satya Tama Gorontalo.

Sebagaimana dikutip dari beberapa media Nasional, Serda Miftachur Rohmat gugur saat terlibat baku tembak dengan KKSB Papua, dengan luka tembak di bagian bahu kiri yang menembus bagian perut belakang. 

Selain itu, seorang prajurit lainnya, bernama Prada Juwandi Ramadhan, juga terinformasi mendapat luka tembak di bagian pelipis dan bahu kiri.

Kontak senjata itu terjadi sekitar pukul 10.30 Wita, dimana Satgas Pamtas Pos Bewan 2 Kamp Kibay baku tembak dengan KKB saat melaksanakan patroli di perbatasan RI–Papua New Guinea (PNG).

Mengutip Antara, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto membenarkan peristiwa itu namun pihaknya masih mengumpulkan data di lapangan. 

“Kami belum mendapat laporan tentang kelompok KKB yang melakukan kontak dengan prajurit di perbatasan RI-PNG yang masuk dalam wilayah Kabupaten Keerom,” ujar Eko. 

Saat ini diketahui  jenazah Serda Miftachur Rohmat sudah dievakuasi ke RST Marthen Indey Jayapura. Pun, untuk evakuasi ke Mako Yonif 713/ Satya Tama belum diketahui secara pasti. 

Sementara itu korban Prada Juwandy saat ini masih tetap berada di Pos Bewan Baru untuk menunggu dilakukannya evakuasi. 

Tim Redaksi BiPoin