Tembus Lapis Baja, Inilah Senapan “Malaikat Maut” Buatan Indonesia

oleh -153 views
SPR-2 Pindad (Sumber: corpsnews.com)

BiPoin – Perkembangan sistem pertahanan Indonesia di bidang persenjataan terlihat semakin maju. PT Pindad (Persero) sebagai ujung tombak, berhasil menciptakan sebuah senjata untuk keperluan penembak jitu yang bernama senapan penembak runduk (SPR).

Senapan penembak runduk (SPR) memang tidak banyak diproduksi karena jumlah pemakainya tidaklah sebanyak pengguna pistol dan senapan serbu. Tercatat, hanya Amerika Serikat dan beberapa Negara di Eropa yang mau memproduksi senapan penembak runduk ini.

Dalam pembuatan SPR, sejak tahun 2007 Indonesia sudah mampu memproduksi sendiri SPR dengan peluru yang bisa menembus kendaraan tempur lapis baja, seperti tank.

Kemudian pada 2014, SPR 2 disempurnakan menjadi SPR 2 yang semakin canggih. Selain bisa menembus baja, juga memiliki peledak dibalik amunisinya

Layaknya senapan penembak runduk (sniper), SPR-2 juga dibekali alat bidik teleskopik dengan pembesaran hingga 10 kali. Saat ditembakkan, senjata yang dioperasikan dengan sistem bolt-action ini mampu melesatkan peluru dengan kecepatan 900 meter per detik. Itu artinya, sasaran yang dituju akan dihantam dengan keras dalam waktu kurang dari 3 detik.