Bahas Tahapan Pilkada 2020, Bawaslu Gelar Audiensi Bersama Pemda Bolsel

oleh -13 views

BiPoin, Bolsel Bertempat di Ruang Rapat Bupati Bolsel, Jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bersama jajaran Pemerintah Daerah Bolsel, menggelar audiensi untuk membahas tahapan Pilkada serentak Tahun 2020, Rabu (03/06/2020).

Bawaslu Bolsel yang dipimpin Ketua Rolis Hasan, Sekertaris Bawaslu Arthur Waroka, serta para staf diterima langsung oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt, yang didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy, S.Stp, Kaban Keuangan dan Kakan Kesbangpol.

Ketua Bawaslu Bolsel, Rolis Hasan mengatakan bahwa pertemuan ini sekedar silaturahmi sekaligus membahas anggaran untuk Pilkada 2020 ini.

“Kita mengajukan tambahan anggaran, namun untuk saat ini Pemda masih kekurangan anggaran, jadi nanti kita lihat karena juga menunggu edaran Mendagri,” ujar Rolis.

Namun, Rolis mengungkapkan untuk anggaran yang beberapa waktu lalu sempat di kembalikan ke Pemda itu akan segera dikembalikan lagi ke Bawaslu.

“Untuk anggaran Bawaslu Bolsel itu 6 milyar sekian, dan sisanya masih 4 milyar itu akan segera dikembalikan, insya Allah tidak ada halangan 1 atau 2 hari ini akan dikembalikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Bawaslu Arthur Waroka mengungkapkan bahwa pertemuan tadi membahas lanjutan tahapan pilkada yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Pertemuan ini dilakukan untuk membangun sinergitas pelaksanaan pilkada antara Pemda dan Bawaslu sehingga terwujud pilkada yang berkualitas, walaupun saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19, untuk pelaksanaan nanti tetap menggunakan protokoler kesehatan yang sudah diatur WHO,” jelas Arthur.

Lanjutnya, saat ini bawaslu juga masih menunggu surat edaran Menteri Dalam Negeri terkait beban tambahan anggaran Pilkada melalui Dana APBN.

Bupati Bolsel, dalam sambutannya memberikan dukungan kepada Bawaslu Bolsel, termasuk kesiapan pemerintah Kabupaten Bolsel dalam hal menyambut pesta demokrasi tahun 2020 yang direncakan akan digelar pada bulan Desember nanti.