Pemkab Bolsel Siapkan Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

oleh -44 views
Bupati Bolsel, Hi, Iskandar kamaru (tengah) didamping Kapolres Bolsel (kiri) dan Perwira penghubung Kodim 1303-BM (kanan) saat Teleconference dengan Gubernur Sulut.

BiPoin, Bolsel – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan kini tengah mempersiapkan penyaluran bantuan sosial tanggap darurat COVID-19. Hal ini sebagai langkah meminimalisir dampak sosial dan ekonomi, khususnya bagi warga kurang mampu.

Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Selasa (31/03/2020) kemarin mengatakan Pemkab telah menyiapkan sembilan bahan pokok (Sembako) untuk warga miskin didaerahnya.

“Ketersediaan sembako untuk Tiga bulan bagi warga miskin sudah kami siapkan. Jika penanganan penyebaran Covid-19 berlanjut dengan lockdown, maka pergeseran anggaran akan kami lakukan lagi untuk hal tersebut.” ungkap Bupati Bolsel, Selasa (31/03/2020) saat Teleconference dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Bolsel telah melakukan pergesaran anggaran sebesar 16,9 miliar untuk pencegahan Covid-19. Di mana 13 miliar lebih diperuntukan untuk RSUD daerah sebagai kebutuhan untuk penanganan Covid-19, aementara sisanya akan dipakai untuk pengadaan APD bagi warga. tambahnya.

Unuk pergeseran anggaran Dana Desa, Bupati kepada Gubernur mengatakan sesuai arahan Kementerian Desa. Yang dimana beberapa Desa telah menerapkannya, ujar katanya.

Dikesempatan itu juga Bupati menjelaskan, Pemkab Bolsel telah membentuk Gugus Tugas, untuk penanganan Virus Corona.

“Gugus tugas dari tingkat Kabupaten hingga Desa untuk penanganan Virus Corona di Bolsel, telah dibentuk.”  ungkap Bupati kepada Gubernur.

Bupati Bolsel yang saat Teleconference dengan Gubernur Sulut didampingi Kapolres Bolsel, serta Perwira penghubung Kodim 1303-BM mengatakan, terhitung 01 April 2020, segera memberlakukan buka tutup akses di perbatasan. Tujuannya untuk mecegah penularan Covid-19, terangnya di akhir pembicaraan.