Dirjen Kemendes PDTT Resmikan Objek Wisata Transpato’a Bolsel

oleh -106 views

BiPoin, Bolsel– Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kemendesa PDTT, Taufik Madjid S.Sos, MSi, melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jum’at 6 Maret 2020.

Kunjungan Dirjen PMMD dan PDTT ini tak lain untuk meresmikan kawasan wisata Transpato’a yang terletak di Kecamatan Helumo, sebagai Pilot Inkubasi Inovasi Desa dan Pengembangan Lokal Ekonomi Desa (PIID dan PELD).

Taufik Madjid beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati, Dedi Abdul Hamid serta Anggota DPR RI Komisi V, Hi. Herson Mayulu.

Dalam sambutannya, Taufik Madjid mengatakan Projek pengembangan ekonomi desa merupakan satu dari 5 visi besar Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Hal ini untuk mentrasformasikan ekonomi desa menjadi penguatan ekonomi bangsa secara global.

“Terwujud atau tidaknya harapan itu, sangat tergantung dari penguatan ekonomi di Desa. Sebagaimana kata pak Jokowi, bahwa dari Desa membangun Kota. Ini yang paling penting untuk kita jalankan,” Ujar Taufik.

“Saya yakin Transpatoa Ocean Park ini akan menjadi salah satu destinasi wisata hebat. Sebab sepanjang garis pantai di Kabupaten Bolsel ini tak kalah dengan yang ada di pantai pandawa Bali dan Pulau Labuan bajo,” Lanjutnya.

Sementara itu, Bupati dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen PPMD dan PDTT serta Anggota Komisi V DPR RI, yang telah memfasilitasi serta memberikan bantuan pembangunan kawasan wisata Transpato’a.

“Atas nama Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat di Kabupaten Bolsel mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak terkait. Harapan kami, Kementrian Desa dan PDTT terus dapat membantu kami untuk terus mengembangkan setiap potensi desa yang ada,” Ucap Bupati.

Pun dikesempatan yang sama, Hi Herson Mayulu menambahkan, semua program yang terlaksana hari ini muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu peran sinergitas pemerintah daerah dan desa dibutuhkan untuk mengurai angka kemiskinan melalui semua potensi yang ada.

“Pemerintah hanya memberikan rangsangan, maju atau tidaknya suatu program tergantung peran semua pihak. Terutama peran penguatan Bumdes harus lebih giat dalam mengelola potensi masing-masing,” Pungkasnya.

Diketahui, selain meresmikan wisata Transpato’a, Dirjen PPMD dan PDTT juga memberikan bantuan dana kepada 5 kelompok Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp. 250 juta.

Turut hadir juga dalam acara ini, Gubernur Sulut yang diwakili oleh Karo Perekonomian Sulut Hany Wajong, Direktur PUED Kemendes PDTT Drs. Nugroho S Nagoro, M.Si, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, S.Stp, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, Unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Bolsel, Kepala Pengadilan Agama Bolsel, Koordinator Provinsi KPW Sulut beserta tenaga ahli P3MD, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Sangadi, serta para pelaksana Bumdes se Bolsel.