Bupati Hadiri Malam Inagurasi Latsar CPNS Bolsel

oleh

BiPoin, Bolsel – Bupati H. Iskandar Kamaru, S.Pt menghadiri kegiatan Inagurasi Latihan Dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tahun 2021, yang digelar di gedung SKB, Kawasan Perkantoran Panango, Sabtu (16/10/2021).

Pada kesempatan ini, bupati turut didampingi Asisten III Rikson Paputungan, Kepala BKPSDM Ahmadi Modeong, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Bagian Umum dan Kepala Bagian Prokopim bersama jajaran.

Kepala BKPSDM Bolsel saat menyampaikan laporan mengatakan, pelaksanaan Latsar tahun 2021 ini diselenggarakan selama 51 hari.

“Dalam 51 hari ini, dilaksanakan On Kampus selama 18 hari yang telah dilalui. Setelah ini para peserta Latsar akan diturunkan di masing-masing instansi selama 30 hari. Di mana, para peserta Latsar ini akan mengkombinasikan teori-teori aktualisasi di masing-masing instansi pemerintah,” ungkapnya.

Dikatakan lagi, para peserta Latsar juga akan didampingi oleh mentor. Dimana para mentor ini, terdiri dari masing-masing pimpinan perangkat daerah atau, instansi dimana CPNS ini melaksanakan aktualisasi.

“Nantinya tiga hari terakhir, mereka akan melaksanakan atau mengikuti ujian. Dimana, mereka akan merumuskan apa yang telah mereka lakukan selama aktualisasi untuk dipertanggung jawabkan, dipertahankan dan dilihatkan kepada para pengguji,” tegasnya.

Selain itu, Ahmadi juga menuturkan sebanyak 150 peserta Latsar ini ketika sudah diturunkan ke instansi masing-masing, maka akan muncul pula 150 ide yang bersifat konsektual dan rumusan-rumasan, untuk dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pelayanan birokrat pemerintahan yang ada dimasing-masing unit kerja.

“Jadi setiap peserta itu harus, merumuskan satu topik yang ada di instansi dimana peserta tersebut bertugas,” tuturnya.

Tambahnya, peserta Latsar ini terhitung mulai pada Senin (18/10), akan mengaktualisasikan teori yang didapatkan selama mengikuti materi dalam 18 hari.

“Saya mengharapkan, agar selama 30 hari ini para peserta Latsar dapat membuktikan bahwa materi yang telah diterima bisa dipertanggung jawabkan, serta bisa melahirkan inovasi diunit kerja masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan selama 30 hari para peserta Latsar harus membuat proyek perubahan dan itu nantinya, akan dipersentasikan pada tiga hari terakhir dan ditutup oleh ujian.

“Maka ketika selesai itu, para peserta Latsar akan menerima piagam yang menandakan 100 persen secara De Fackto dan terhitung pada 1 Januari mendatang. Jadi, yang telah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus, maka itu sudah 100 persen De Facto dan De Jurenya itu ketika menerima piagam penghargaan, serta SK PNS yang saya tandatangani,” pungkasnya.