Bupati Bolsel Apresiasi Pelatihan Pembuatan Kreasi Souvenir

oleh

BiPoin, Bolsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengadakan pelatihan pembuatan kreasi souvenir dengan melibatkan masyarakat secara aktif, Selasa (26/10).

Kegiatan yang digelar di Dive Center Bolsel, Desa Sondana, Kecamatan Bolaang Uki, dibuka langsung oleh Bupati H. Iskandar Kamaru SPt.

Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan upaya kreatif dalam mengelola perekonomian yg melibatkan masyarakat secara aktif. Terutama di tengah kondisi Covid-19 yg belum juga berakhir.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya kreatif untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujar Bupati.

Menurutnya, dengan belum berakhirnya pandemi ini, kiranya upaya kreatif perlu digalakkan secara kolektif dan kontinu, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, lanjut Iskandar, peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini mesti serius terhadap setiap materi yang disuguhkan oleh narasumber.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolsel, Wahyudin Kadullah, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia, terlebih di bidang kerajinan suvenir dengan melibatkan 25 peserta dari masyarakat peminat industri kawasan destinasi wisata di daerah itu.

Ia mengungkapkan, untuk mengembangkan industri pariwisata tersebut peserta kemudian didorong bagaimana memanfaatkan bahan baku lokal sebagai bahan utama pembuatan suvenir.

“Kreativitas perlu dioptimalkan dengan cara memberikan wawasan serta stimulus kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha industri pariwisata di Bolsel, terutama memanfaatkan bahan baku lokal,” ujar Yoex sapaannya.

Yoex menambahkan, kegiatan ini selain untuk supaya bisa menciptakan kesempatan kerja baru yang itu berpihak pada nilai-nilai seni; pun bisa menghidupkan sumberdaya ekonomi lokal.

“Sehingga dua hari pelaksanaan mulai dari 26-27 Oktober 2021 ini, kami mengangkat tema: mari kita cintai bersama produk Indonesia, bangga akan produk buatan lokal,” tandasnya.