Rilis Akhir Juni 2021, Berikut Bocoran Tampilan Windows 11

oleh

BiPoin – Kehadiran system operasi terbaru, Windows 11 sudah didepan mata. Microsoft telah memastikan akan resmi diluncurkan pada akhir bulan Juni tahun 2021.

Sebelum peluncurannya, bocoran Windows 11 beredar di internet. Seperti, tampilan UI (User Interface), Taskbar menu hingga tema yang dipakai.

Kebocoran Windows 11 ini pertama kali dibagikan oleh situs web Cina, situs tersebut mengunggah tangkapan layar yang menampilkan wujud Home dari Windows 11. Dalam bocoran tersebut, Windows 11 masih mengusung warna biru sebagai tema utama. Desain star menu Windows 11 terlihat mirip dengan tampilan Windows 10X yang batal di rilis.

Untuk susunan aplikasi didalam star menu, dibuat lebih sederhana dan tidak ada fitur lifestyle. Selain itu, star menu juga berada dibagian tengah taskbar.

Dalam rumor sebelumnya, Microsoft dikabarkan akan merombak toko aplikasi Windows Store yang mengizinkan developer untuk memasukkan aplikasi Windows apapun. Tapi perubahan ini sepertinya belum tampak di Windows 11 versi awal.

Microsoft juga berfokus terhadap ekosistem Xbox yang kini lebih mudah diakses lewat Windows 11. Aplikasi Xbox kini telah terintegrasi dengan Windows 11 sehingga memudahkan pengguna mengakses Xbox Game Pass hingga memainkan beragam game di dalamnya.

Di taskbar Windows 11 juga terdapat ikon baru yang dilabeli sebagai Widgets. Microsoft sebelumnya telah dirumorkan akan menghadirkan kembali Widgets ke Windows dan di versi awal Windows 11 ini beberapa di antaranya sudah muncul.