DPRD Bolsel Gelar Paripurna Pembicaraan Ranperda Atas Pertanggungjawaban APBD 2020

oleh

BiPoin, Bolsel – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulut, Jumat, menggelar Rapat Paripurna Pembicaraan tingkat II penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2020, Jumat (4/6/2021).

Rapat bertempat di ruang Paripurna DPRD Bolsel, kompleks perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, dipimpin Ketua DPRD Arifin Olii, serta dihadiri Wakil Ketua Salman Mokoagow, Hartina Badu, serta 14 Anggota DPRD dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain dihadiri Para Pimpinan dan Anggota DPRD, juga hadir Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, Spt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Setelah membuka Sidang Paripurna, Ketua DPRD Arifin Olii menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel atas keberhasilan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 7 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Atas nama lembaga DPRD mengucapkan selamat kepada Pemda Bolsel atas keberhasilan meraih WTP yang ke 7 kalinya secara berturut-turut, tentu ini adalah hasil kerja keras kita semua dari Eksekutif maupun Legislatif,” ujar Ketua DPRD.

Sementara itu, Zulkarnain Kamaru, S.Ag selaku Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolsel, saat memberikan laporannya, menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi catatan.

“Dalam konteks Govenmen penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu upaya kongkrit mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang memenuhi prinsip-prinsip tepat waktu dan kejujuran,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan Banggar sangat memahami dan menerima realisasi dari masing-masing SKPD. Di mana pada pelaksanaan APBD Bolsel TA 2020 dengan anggaran pendapatan 97,53 persen dan anggaran belanja 91,75 persen. Tentunya ini merupakan prestasi yang cukup baik dan harus lebih ditingkatkan demi kemakmuran masyarakat Bolaang Mongondow Selatan, terang Zulkarnain.

Paripurna selanjutnya mendengarkan panyampaian Fraksi-fraksi DPRD, yakni Fraksi Trisakti, PDI Perjuangan, Gerakan Golkar, dan Restorasi. Dimana intinya menerima Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2020 untuk ditetapkan.