Bupati Bolsel Letakkan Batu Pertama Program Kota Tanpa Kumuh

oleh
Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, melakukan peletakan batu pertama pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). // foto by Diskominfo Bolsel.

BiPoin, Bolsel Bupati Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt melakukan peletakan batu pertama pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang dilaksanakan di Desa Ilomata, Kecamatan Pinolosian, Kamis (27/8/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) agar dapat mengerjakan program ini dengan baik.

“Pengelolaan program ini secara swakelola, dan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, dengan demikian warga yang ada di desa dapat terbedayakan serta juga mendapatkan upah setelah melakukan pekerjaan,” ungkap Bupati.

Bupati Kamaru juga mengapresiasi pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Cipta Karya Kementrian PUPR, yang telah mengeluarkan program ini dalam rangka menuntaskan kawasan tanpa kumuh di seluruh Indonesia.

Iskandar Kamaru mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh, juga mendukung terwujudnya permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Ia menyebut Kotaku merupakan program padat karya tunai (PKT) yang dilaksanakan melalui Kementrian PUPR, yang juga diperjuangan Legislator RI, Hi. Herson Mayulu, S.IP.

“Program ini merupakan aspirasi dari Bapak Herson Mayulu, S.IP, yang saat ini duduk di DPR RI. Untuk itu kita patut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada beliau,” ucapnya.

Untuk diketahui, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas). Program Kotaku akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Pada acara peletakan batu pertama ini, Bupati Bolsel didampingi oleh Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Camat, Sangadi dan Kepala SKPD.