Bupati Serahkan BST kepada 4.281 KPM Terdampak Covid-19 untuk Warga Bolsel

oleh -35 views

BiPoin, Bolsel – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST), kepada 4.281 Kepala Keluarga atau KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari dampak COVID-19 atau Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

Bertempat di halaman Kantor Pos Cabang Molibagu, (08/05), Penyaluran BST kepada KPM se-Kabupaten Bolsel tersebut ditandai dengan launching penyerahan BST secara simbolis kepada salah satu warga, oleh Bupati Hi. Iskandar Kamaru.

Bupati dalam sembutannya mengaku bersyukur. Karena, dari total 4.281 kepala keluarga penerima BST yang diusulkan ke Kemensos RI (Kementerian Sosial Republik Indonesia), kesemuanya disetujui.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bolsel menjadi daerah pertama di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang data usulannya disetujui Kemensos. Tentu ini semua berkat kerja keras Dinas Sosial Bolsel, yang bekerja siang malam merampungkan data penerima. Sehingga, hari ini Bolsel menjadi Daerah pertama di BMR yang menyalurkan BST,” ungkap Iskandar.

Selama tiga bulan ke depan, sebanyak 4.281 kepala keluarga yang didata akan menerima BST, dengan besaran 600.000 rupiah stiap Bulannya. “Mekanisme pencairannya, yakni sebanyak 3.707 BST akan disalurkan melalui Kantor Pos, dan sisanya lewat rekening Bank BRI serta BNI,” terangnya.

Selain BST, Pemkab Bolsel juga telah merampungkan penyaluran bantuan sembako lainnya. Diantaranya BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan) tahap 1 dan BLT (Bantuan Lansung tunai, yang diperuntukkan kepada warga yang terdampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Turut hadir juga dalam launching penyerahan BST tersebut, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Kepala Kantor Pos Cabang Molibagu Abdul Hafid, Kepala Dinas Sosial Bolsel Nashrudin Gobel, Kepala Kantor Kesbangpol Syukri Van Gobel, dan Camat Bolaang Uki, serta Kabag Protokol Setda Bolsel, dan selanjutnya rombongan langsung menuju gudang logistik untuk mengecek kesiapan tahap dua. (NY)