3 Ban Mobil Paling Unik dan Canggih Di Dunia

oleh -94 views

BiPoin – Teknologi Ban Mobil saat ini sudah sangat berkembang produsen-produsen ban mobil pun berpacu membuat inovasi yang memanjakan konsumennya, mulai dari inovasi yang bisa bergerak kesamping hingga ban mobil yang bias berubah bentuk. Maka inilah 3 Ban Mobil Paling Unik dan Canggih Di Dunia.

Liddiard Wheel

Normalnya ban mobil hany bisa bergerak maju dan mundur namun ilmuan asal inggris bernamna William Liddiard berhasil menemukan teknologi ban omni directional untuk mobil. Ban beserta pelek yang diciptakan Liddiard bisa membuat mobil berputar 350 derajat dan bisa bergeser kesamping kanan dan kiri, tentu dengan ban sepertri ini urusan parkir jadi lebih mudah.

Liddiard pun mengatakan ban mobil buatannya cocok untuk segala medan jalan. Tentu saja ini adalah penemuan yang sangat membantu.

Airless Tire

Berawal dai ide menciptakan ban yang anti bocor maka muncul lah inovasi Airless Tire atau ban tanpa udara. Ban ini diklaim memiliki beberapa keuntungan seperti meredam guncangan lebih halus anti bocor maupun pecah ban serta mudah perawatannya.

Sejauh ini baru 4 (empat) produsen yang mengembangkan Airless Tire ini. Yaitu Michelin Bridgestone Polaris dan Yokohama

Airless Tire menggabungkan ban dan pelek dala msatu bentuk yang unik. Bagian bawah karet ban memiliki polatraksi yang dapat dibentuk dan diperbaharui sesuai medan jalan yang dilalui pengendara. Sedangkan bagian pelek digantikan dengan bahan yang elastis dan kuat.

Ban Airless ini sangat cocok unrtuk kendaraan yang sering beroperasi di medan berat. Seperti kendaraan militer bahkan TNI Angkatan Darat Indonesia telah mengembangkan ban Airless Tire ini.

Reconfigurable Wheel Tracks

Militer Amerika Serikat saat ini punya ban mobil yang bisa berubah bentu ban ini merup[aka nproduksi Darpa yang bekerjasama dengan National Robotics Engineering Center

Ban mobil ini bisa berubah bentuk untuk menyesuaikan lintasan dalam keadaan apapun hanya dalam waktu 2 detik. Proyek inbi mencoba menggabungkan kecepatan yang dapat diraih ban regular dengan kemampuan offroad yang disediakan oleh roda tank.

Ban ini dapat berubah bentuk yang semula bulat menjadi segitiga saat mobil melaju dimedan dengan jalur yang ekstrim.