Disdukcapil Bolsel Gunakan Sistim Jempol Dalam Pelayanan e-KTP

oleh -71 views
All-focus

BiPoin, Bolsel– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus memaksimalkan pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan (Minduk) bagi masyarakatnya.

Tak hanya pelayanan di Kantor saja, Disdukcapil juga melakukan kunjungan di tiap desa yang ada di 7 Kecamatan untuk mempermudah warga mengurus Minduk berupa e-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. 

“Jadi kami menerapkan sistem Jempol (Jemput Bola) dengan cara mengunjungi setiap desa,” kata Kadis Dukcapil Bolsel, Gunawan Otuh. Senin 2 Maret 2020.

Dikatakannya, sistim Jempol ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sepekan untuk 81 desa yang ada. 

“Hari ini kita mulai dari desa yang Kecamatan Posigadan, setelahnya kita akan bergeser ke Kecamatan lain juga,” ujarnya. 

Selain itu, dalam menghadapi pesta Demokrasi tahun 2020 di Kabupaten Bolsel, pihaknya mengimbau agar warga yang belum memiliki e-KTP dapat segera melakukan perekaman. 

“Kami juga akan menyasar setiap SMA untuk melakukan perekaman bagi pemilih pemula sebelum 23 September nanti,” Imbuhnya. 

Berdasarkan data Disdukcapil per 30 Desember 2019, warga yang memiliki e-KTP sudah mencapai 96 persen atau sebanyak  48.268 dari total wajib KTP 49.434, Sementara yang belum melakukan perekaman ada sebanyak 1.166 orang.