Terapkan, 5 Poin Penting agar Ruang Tamu Kecil Terkesan Luas!

oleh -124 views
Foto Ilustrasi

BiPoin.com – Hunian yang cantik dan nyaman akan memberi kebahagiaan bagi penghuninya. Sebagai tempat melepas penat dan menanggalkan perasaan berat, setiap sudut rumah haruslah memiliki magis yang mampu memberi ketenangan dan ketentraman.

Karena, rumah yang ideal, akan menghadirkan kelegaan yang menjadikan hati kamu terasa lebih lapang.

Namun, bagaimana jika rumah kamu berdiri dibatas lahan yang tidak terlalu luas? Dan, bagaimana jika rumah kamu harus terbagi menjadi ruang-ruang kecil dengan dimensi yang terbatas? Percayalah, ukuran rumah tidak menjadi masalah, selama kamu mau sedikit memutar otak untuk menyiasatinya.

Mari kita bahas dari ruang tamu, yang menjadi sorotan pertama bagi siapa saja yang memasukinya. Dengan sentuhan dan langkah yang tepat, ruang tamu mungil dapat disulap menjadi lebih indah dan terkesan luas. Bagaimana caranya?

Berikut ini 5 poin penting yang membuat ruang tamu di rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang:

1.Sofa Minimalis

Ukuran dan bentuk sofa menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan kapasitas dan ruang gerak. Tentu saja, pilih sofa dengan ukuran yang tidak terlalu besar, berkaki, dan tidak memiliki banyak ornamen. Dengan begitu, pemandangan di ruang tamu akan menjadi lebih sederhana, minimalis, dan terasa lega. Sementara itu, kolong sofa juga dapat kamu manfaatkan sebagai kompartemen untuk majalah, atau dibiarkan kosong untuk memberi celah yang memperluas pandangan.

2. Interior Yang Tepat

Demi kesan yang lapang, minimalisir perabotan besar seperti lemari, meja, atau pajangan solid berupa patung dan vas bunga besar. Pilih furnitur modern yang simpel, transparan, rapi, serasi, dan berukuran mungil. Karena, desain interior yang tepat, tidak sekadar memperindah ruang tamu kamu, melainkan juga dapat memanipulasi dimensi ruang.

3. Warna Yang Lembut

Selain penataan interior, warna furnitur yang kamu pilih juga akan berdampak pada kesan yang ditimbulkan. Pilih warna-warna pastel yang lembut, atau warna terang, seperti hijau muda, kuning gading, dan dominan putih. Karena, selain berpengaruh terhadap refleksi cahaya, warna pun memberi efek pada psikologis manusia.

4. Memasang Cermin

Sudah terbukti dalam berbagai kebutuhan, cermin menjadi andalan untuk memanipulasi jarak pandang. Kamu bisa menghadirkan sentuhan cermin secara klasik dengan menempelkannya di dinding ruang tamu, maupun cara kreatif, berupa pajangan atau bingkai-bingkai unik.

5. Pencahayaan Yang Baik

Dengan cahaya yang cukup dan merata, ruang tamu kamu akan terasa lebih nyaman dan lega. Pastikan ruang tamu memiliki jendela dan reflektor cahaya yang baik. Minimalisir bayang-bayang atau sudut gelap yang membuat ruangan terlihat muram dan sempit.