20 Anggota DPRD Gelar Reses, Serap Aspirasi Warga di Tiga Dapil

oleh -23 views

BiPoin, Bolsel – Sejak Senin (15/03/2021) kemarin, sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mulai menggelar Reses Tahun 2021 di wilayah daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Agenda yang dilakukan guna menjaring aspirasi masyarakat ini, dilakukan di Tiga Dapil yang ada di 7 Kecamatan.

Di Dapil 1 meliputi Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo, Reses dihadiri oleh 6 Legislator, diantaranya Ketua Komisi I Abdul Razaq Bunsal, Sukri Adam, Fadli Toliabu, Sumitro Moha, Sunardi Kadullah serta Siti Amanah Gobel.

Legislator dari berbagai Fraksi itu mendengarkan permintaan program dari para konstituennya. Pun rata-rata kebutuhan masyarakat di Dua Kecamatan tersebut yakni berkaitan dengan program infrastruktur, masalah air bersih juga sarana dan prasarana penunjang kebutuhan masyarakat di Desa.

Menanggapi usulan masyarakat tersebut, Ketua Komisi I Abdul Razak Bunsal menyebutkan Reses merupakan agenda penting untuk membuka ruang antara wakil rakyat dan konstituen di dapil masing-masing.

Untuk itu, dirinya berjanji akan membawa program yang dimintakan untuk dibahas bersama dengan jajaran DPRD Bolsel, kemudian akan dimasukan dalam e-Pokir (Pokok – pokok pikiran).

“Tentunya semua usulan adalah skala prioritas, namun hal ini masih akan dibahas bersama dengan teman-teman lain di DPRD. Selanjutnya, akan kita lihat apakah anggaran yang ada cukup untuk mengkover program ditahun ini, atau nanti pada tahun depan,” kata ARB, sapaan akrabnya.

Hal serupa juga dikatakan Fadli Toliabu. Dimana, pihaknya akan menyerap semua keluhan dan usulan dari masyarakat ini dan akan disesuaikan Musrembang dan kemampuan anggaran daerah.

Namun menurutnya, masyarakat dan pemerintah desa harus ekstra sabar menunggu hasil selanjutnya. Hal ini dikarenakan APBD Kabupaten Bolsel masih berfokus pada penanganan pandemi Covid-19.

“Kita tau bersama bahwa disemua daerah termasuk Kabupaten Bolsel saat ini telah merefokusing APBD untuk mengatasi masalah Covid-19. Dan ini bukan keputusan sepihak pemerintah daerah saja, melainkan perintah langsung dari pemerintah pusat,” ujar Fadli.

Disisi lain Fadli meyakini untuk program yang di usulkan oleh masyarakat tetap akan terealisasi. “Sebagai representatif masyarakat di Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo, kami akan terus mengawal aspirasi ini sampai ke tingkat pemerintah daerah. Semoga masalah Covid-19 ini segera berakhir, dengan begitu APBD kita akan cukup merealisasikan program kedepan,” imbuhnya.

Diketahui agenda diluar masa sidang ini, juga dilaksanakan di Dapil III yakni Kecamatan Tomini dan Posigadan serta Dapil II di Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Tengah serta Kecamatan Pinolosian Timur.