Raih 84,1 Persen Hasil Survei NRI, Iskandar-Deddy Kembali Unggul di Pilkada Bolsel

oleh
oleh

BiPoin, Bolsel Hasil Survei terbaru Nusantara Research Institute (NRI) yang diselenggarakan sejak tanggal 16 hingga 23 November 2020, menunjukkan persepsi masyarakat Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terhadap kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Bolsel menempatkan Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid sebagai kandidat yang di unggulkan dibandingkan dengan kandidat lainnya, Rabu (2/12/2020).

Dalam survei ini menunjukkan bahwa, berdasarkan pertanyaan pilihan pasangan diantara dua pasang calon, pasangan Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid dipilih oleh mayoritas public dengan elektabilitas sebesar 84,1 Persen, unggul dibandingkan pasangan Riston Mokoagow – Selvia Van Gobel, yang hanya memperoleh 11,7 persen, sementara pemilih merahasiakan jawaban 0,3 persen dan undecided voters 3.9 persen.

Manager of Research NRI, Rahmillah Ukoli mengungkapkan, survey tersebut dilakukan pada tanggal 16 – 23 Novemberr 2020, dengan menggunakan metode multistage random sampling, kepada 410 responden dengan margin of error +/- 4,9 % pada tingkat kepercayaan 95%.

“Klaster survei ini menjangkau 7 kecamatan di seluruh Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir,” sebutnya.

Lanjutnya, dalam survai menggunakan metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. ”Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa terpilih,” terangnya.

Ia menambahkan maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan mengukur potensi partisipasi serta kemantapan pemilih. “Survai ini untuk mengetahui tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektbilitas dari masing-masing pasangan calon,” lanjutnya.

Pun demikian untuk tingkat popularitas, Iskandar kamaru lebih tinggi dibanding pesaingnya Riston Mokoagow. Dimana, dalam survey ini ditemukan, mayoritas public (99,8 %) mengenal Iskandar kamaru, dan public yang menyukai sebesar 97,5%, sementara untuk Riston Mokoagow, dari 90,2% yang mengenal, hanya 60,3% yang menyukai.

Sementara konsistensi public terhadap calon, dimana 93,7% public mengatakan tidak akan mengubah pilihan sampai hari pemilihan nanti, dan hanya 5,9% yang masih mungkin mengubah pilihan sementara 0,4% yang tidak menjawab.

“Survei ini menunjukkan bahwa terdapat (100%) publik di Bolaang Mongondow Selatan yang mengetahui akan ada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020,memastikan diri untuk ikut memilih,” ulasnya.

Sedangkan pada aspek preferensi pemilih, mayoritas pemilih di Bolaang Mongondow Selatan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati No Urut satu, didasarkan pada pertimbangan karena figur calon Bupati/Wakil Bupatinya secara personal (dekat dengan rakyat) 36.1%, kemudian karena berpengalaman di pemerintahan dan sudah ada bukti nyata hasil kerjanya (38,8 %).

“Temuan ini merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati (dalam rentang survei tanggal 16 – 23 November 2020). Melihat undecided voters dan swing voters sudah kecil dan waktu pelaksanaan Pilkada Bolaang Mongondow Selatan kurang dari 2 minggu, kemungkinan besar tidak akan ada perubahan politik yang signifikan,” tutupnyanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.