Lewat Dandes, Desa Botuliodu Kembangkan Konsep Digital Village Pertama di Kabupaten Bolsel

oleh

BiPoin, Bolsel– Desa Digital atau Digital Village merupakan suatu konsep tentang pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi digital baik dalam pelayanan publik maupun pengembangan kawasan dalam peningkatan taraf hidup masyarakat desa.

Hal ini yang mulai dilakukan Pemerintah Desa Botuliodu, Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). 

Dimana, Pemdes Botuliodu menggunakan konsep Desa Digital dengan menyediakan Aplikasi Sistem Informasi Pemberkasan Administrasi Terhimpun, yang meliputi Informasi tentang Profil Desa, Surat Menyurat, Informasi APBDes, Data Penduduk.

Menurut Sangadi Botuliodu, Ais Abdul, pengembangan konsep Digital Village ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja atau layanan dengan menggunakan teknologi berbasis IT, sehingga desa akan lebih maju dan mandiri.

“Karena bukan lagi tergantung pada daerah bahkan pusat sehingga salah satu jalan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, ujar Ais.

Lanjut, untuk pembangunan sistem Desa Digital tersebut, pihaknya telah menganggarkan lewat pengelolaan Dana Desa. 

” Adapun pembangunan Sistem Informasi Pemberkasan Administrasi Terhimpun serta fasilitas pendukung lainnya, di anggarkan melaui DDS Desa Botuliodu,” sambungnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverment dan Statistik Diskominfo Bolsel, Ruslan Saleh,S.Kom, memberikan apresiasi atas konsep yang di usung oleh Pemdes Botuliodu. 

” Kami berharap inovasi yang dilakukan Desa Botuliodu ini, dapat diterapkan juga di Desa-desa yang ada di Kabupaten Bolsel,” Imbuhnya.

Redaksi/Tr-2 

No More Posts Available.

No more pages to load.